S1 Keperawatan

Keunggulan Prodi : Keperawatan Gawat Darurat Manajemen Kebencanaan

Terakreditasi Baik Sekali oleh LAM-PTKes dengan nomor sertifikat akreditasi : 0214/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2023

Visi KeilmuanMengembangkan pendidikan berbasis keislaman untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki kemandirian di bidang keperawatan gawat darurat
Misi1.   Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang keperawatan kegawatdaruratan dan bencana yang inovatif, berjiwa kewirausahaan, selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.   Mengintegrasikan pendidikan dan pengajaran di bidang keperawatan kegawatdaruratan dan bencana dengan Al Islam Kemuhammadiyahan.
3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan kegawatdaruratan dan bencana.
Tujuan1.   Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap ilmiah di bidang keperawatan kegawatdaruratan dan bencana
2.   Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja dengan penuh daya guna dan tanggungjawab
3.   Mewujudkan lulusan yang mampu mengembangkan diri dan siap mengantisipasi arus globalisasi
4.   Menghasilkan lulusan yang mampu mengintegrasikan ilmu keperawatan kegawatdaruratan dan bencana dengan Al Islam Kemuhammadiyahan
5.   Mewujudkan kultur penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang keperawatan kegawatdaruratan dan bencana
6.   Mewujudkan tata kelola lembaga yang amanah dan berkualitas
7. Menghasilkan kerjasama dengan pihak lain yang dapat dipertanggungjawabkan
Kompetensi Program Studi1. Care Provider (Pemberi Asuhan Keperawatan)Sebagai pelaku/pemberi asuhan keperawatan, perawat dapat memberikan pelayanankeperawatan secara langsung dan tidak langsung kepada klien, menggunakan pendekatanproses keperawatan yang meliputi: melakukan pengkajian dalam upaya mengumpulkandata dan informasi yang benar, menegakkan diagnosa keperawatan berdasarkan hasilanalisis data, merencanakan intervensi keperawatan sebagai upaya mengatasi masalah yangmuncul dan membuat langkah/cara pemecahan masalah, melaksanakan tindakankeperawatan sesuai dengan rencana yang ada dan melakukan evaluasi berdasarkan responklien terhadap tindakan keperawatan yang telah dilakukan.
2. Manager (Pengelola)Dalam perannya sebagai manager kasus, perawat mengkoordinasi aktivitas anggota timkesehatan lainnya, misalnya ahli gizi dan ahli terapi fisik, ketika mengatur kelompok yangmemberikan perawatan pada klien. Berkembangnya model praktik memberikan perawatkesempatan untuk membuat pilihan jalur karier yang ingin ditempuhnya. Dengan berbagaitempat kerja, perawat dapat memilih antara peran sebagai manajer asuhan keperawatanatau sebagai perawat asosiat yang melaksanakan keputusan manajer (Manthey, 1990).Sebagai manajer, perawat mengkoordinasikan dan mendelegasikan tanggung jawab asuhandan mengawasi tenaga kesehatan lainnya.
3. Reseacher (Peneliti)Sebagaipeneliti dan pengembangan di bidang keperawatan, perawat diharapkan mampumengidentifikasi masalah penelitian, menerapkan prinsip dan metode penelitian, sertamemanfaatkan hasil penelitian untuk meningkatkan mutu asuhan atau pelayanan danpendidikan keperawatan. Penelitian di dalam bidang keperawatan berperan dalammengurangi kesenjangan penguasaan teknologi di bidang kesehatan, karena temuanpenelitian lebih memungkinkan terjadinya transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/RDVEOTI0RTYtOUJFRS00QjdELTg4QkEtMTUyRTQzQjRCNjBF/20221

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA