Kembali Targetkan Juara Umum Pornikes

Target menjadi juara umum Pekan Olahraga, Seni dan Kesehatan (Pornikes) ke-14 tahun 2015 mendatang kembali dicanangkan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Ponorogo. Apalagi, Pornikes ke-14 bakal digelar di Ponorogo dan Unmuh sebagai tuan rumah. Ditunjuk Unmuh sebagai tuan rumah ini tak lepas dari raihan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Unmuh Ponorogo sebagai juara umum Pornikes ke-13 di Universitas Darul Ulum Jombang, 29 November lalu. “Itu sudah menjadi ketentuan bersama. Secara otomatis juara umum akan jadi tuan rumah pada even berikutnya, “kata Siti Munawaroh, Dekan FIK Unmuh Ponorogo.
Siti Munawaroh menjelaskan, Pornikes merupakan even olahraga dan seni yang diikuti sekitar 34 instansi pendidikan kesehatan se-Jawa Timur. Dia juga menjelaskan, even yang sudah digelar rutin setiap tahun itu awalnya bertujuan untuk ajang silaturahmi. Awalnya Pornikes hanya diikuti akademi keperawatan. Namun, kini sudah berkembang dari sisi peserta dan fungsinya. Yaitu sebagai media untuk menyalurkan bakat, minat serta potensi mahasiswa. “FIK Unmuh Ponorogo sendiri sudah terlibat dalam Pornikes sejak pertama kali even ini diselenggarakan,“ ungkap Dekan FIK Unmuh tersebut. Selama keiikutsertaannya di even yang melibatkan ribuan mahasiswa kesehatan tersebut, FIK Unmuh Ponorogo sudah meraih dua kali juara umum. “Termasuk yang diselenggarakan tahun ini,” tambahnya.
Dalam Pornikes tahun ini, ada enam ajang yang dilombakan. Baik olahraga maupun seni. Untuk olahraga mempertandingkan cabang tenis meja, bola voli, bulu tangkis dan catur. Sedangkan untuk seni melombakan poster dan paduan suara. Siti Munawaroh juga menyebut bahwa even tersebut juga diakui banyak memberi manfaat bagi para peserta. “Selain menjadi ajang silaturahmi, Pornikes juga dimanfaatkan para pelaku instansi kesehatan untuk bertukar wawasan,” pungkas beliau.
Sumber: Jawa Pos, Radar Ponorogo, Edisi Selasa 9 Desember 2014, halaman 34.