Selayang Pandang DIII Keperawatan

Prodi DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan yang semula Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo di dirikan pada tahun 1993 dengan SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.00.06.1.1.00122, sampai sekarang usianya telah lebih dari satu dasa warsa atau tepatnya telah mencapai usia yang ke 27 tahun.

Pada tahun 1997 Prodi DIII Keperawatan telah diakreditasi oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Republik Indonesia dan mendapatkan nilai B (Kategori Baik) sebagaimana tertuang pada Surat Keputusan Nomor HK.00.06/4.3.3727 tahun 1997. Dengan semangat profesionalisme dan rasa tanggungjawab yang tinggi, Prodi DIII Keperawatan terus mengembangkan sayapnya dan menyempurnakan diri dengan dilaksanakan akreditasi kembali pada tanggal 4 Nopember 2002 dengan mendapat nilai Akreditasi A (Sangat Baik) yang tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.00.2.2.3577.

Prodi DIII Keperawatan pada tahun 2008 telah diakreditasi lagi dari Departemen Kesehatan dengan dapat mempertahankan nilai A (Sangat Baik) yang tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departmen Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.00.03.2.2.0159 dan terakhir, pada tahun 2008 Prodi DIII Keperawatan telah melakukan izin penyelenggaraan kepada Departemen Pendidikan Nasional tertanggal 31 Desember 2008.

Selama lebih dari satu setengah dasa warsa ini Prodi DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo telah meluluskan perawat profesional lebih dari 1100 Ahli Madya Keperawatan baik melalui program kelas karyawan maupun program reguler yang telah terserap di dunia kerja dalam maupun luar negeri.

Visi Misi Prodi DIII Keperawatan

Visi :

Pada tahun 2030 menjadi Program Studi D3 Keperawatan unggulan yang mampu menghasilkan tenaga Perawat Profesional pemula Islami dan mandiri serta mampu berkompetisi dalam dunia kerja ditingkat nasional/internasional.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan penelitian dalam bidang keperawatan yang uptodate dan inovatif.
  2. Menyelenggarakan perkuliahan Al Islam kemuhammadiyahan.
  3. Menyelenggarakanpembelajaran kewirausahaan di bidang keperawatan.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepadamasyarakat dalam bidang keperawatan dan kesehatan.

Tujuan :

Menghasilkan lulusan yang:

  1. Memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap ilmiah dibidang keperawatan.
  2. Mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang keperawatan berdasarkan fenomena regional.
  3. Mampu menerapkan nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mampu bekerja dengan penuh daya guna dan rasa tanggung jawab serta pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mampu mengembangkan diri dan siap mengantisipasi arus globalisasi.

 

Kurikulum Prodi DIII Keperawatan

 

Kalender Akademik