Selayang Pandang Prodi DIII Kebidanan

Program studi D III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo merupakan salah satu prodi yang berada di Fakultas Ilmu Kesehatan. Pendirian Prodi D III Kebidanan berdasarkan ijin Dirjen Dikti nomor 804/D/T/2009 tanggal 22 Mei 2009.

Program studi D III Kebidanan pada tahun 2011 telah telah melakukan perpanjangan ijin penyelenggaraan kepada Departemen Pendidikan Nasional Kopertis Wilayah VII dengan nomor 7640/D/T/K-VII/2011 tertanggal 4 Juli 2011. Kemudian tahun 2012 terakreditasi BAN PT dengan nomor 013/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/VI/2012 tertanggal 29 Juni 2012. Pada tahun 2016 Prodi D III Kebidanan terakreditasi “ B” berdasarkan keputusan LAM-PTKes No : 1051 / LAM-PTKes / Akr / Dip / XII / 2016.

Visi Misi Prodi DIII Kebidanan

Visi :

Pada tahun 2036 menjadi Program Studi D III Kebidanan yang unggul dan berdaya saing global menghasilkan tenaga bidan profesional berlandaskan nilai-nilai islami dan berjiwa enterpreuner.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam ilmu kebidanan yang terkini.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kebidanandan kesehatan.
  3. Menyelenggarakan pembelajaran kewirausahaan di bidang kebidanan.
  4. Menyelenggarakan perkuliahan Al Islam Kemuhammadiyahan.

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan kebidanan yang mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan di bidang kebidanan dan kesehatan yang terkini.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat dalam bidang kebidanan dan kesehatan dengan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk pengabdian masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang berjiwa enterpreneur di bidang kebidanan dan kesehatan.
  4. Mampu mengamalkan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam kehidupan. 

Modul Pembelajaran

Kurikulum DIII Kebidanan

Kalender Akademik