Seminar Nasional Kesehatan Penyakit Hepatitis B : Sebuah Pengenalan Dini dan Ancaman Resiko Penularan

hepatitis b

Dalam rangka memberikan informasi atau gambaran secara dini mengenai penyakit Hepatitis B dan upaya tenaga kesehatan untuk mengendalikan atau proteksi terhadap resiko penularan virus Hepatitis B Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo bekerjasama dengan PT Bio Farma (Persero) Bandung menyelenggarakan Seminar Kesehatan Nasional dengan tema Penyakit Hepatitis B : Sebuah Pengenalan Dini dan Ancaman Resiko Penularan.

Kegiatan yang dihadiri oleh dokter, perawat, dosen, , mahasiswa, serta praktisi kesehatan lainnya sejumlah 500 peserta. Kegiatan yang telah terakreditasi PPNI Provinsi Jawa Timur ini diselenggarakan pada 24 Februari 2015 di Gedung Sasana Praja Kabupaten Ponorogo.

Sulistyo Andarmoyo, S.Kep., Ns., M.Kes selaku ketua panitia sekaligus salah satu pembicara menjelaskan sebagai tenaga kesehatan, penyakit ini perlu dikenali kembali terutama mengenai bagiamana cara penyebaran virus Hepatitis B ke tubuh manusia, karena bagaimanapun juga tenaga kesehatan merupakan kelompok yang seringkali berhadapan dengan pasien.

Selain itu, Umi Mudrikah selaku salah satu peserta mengaku seminar ini sangat dibutuhkan mahasiswa sebagai bekal sebelum terjun langsung di dunia kerja. “Sebelum terjun menjadi tenaga medis tentu pengenalan dini dan proteksi diri sangat dibutuhkan, mengingat pekerjaan ini sering bertemu dengan pasien.”

Selain Sulistyo Andarmoyo S.Kep., Ns., M.Kes, pembicara pada seminar kali ini diisi pula oleh dr. Asna Rosida, SpPD dari RSUD Dr. Hardjono Ponorogo, Nurul Sri Wahyuni, S.Kep., Ns., M.Kes dosen Fakultas Ilmu Kesehatan(FIK) Universitas Muhammadiyah Ponorogo, serta Novianto Hadi dari PT. Bio Farma (Persero) Bandung.