Peduli Lansia, Fakultas Ilmu Kesehatan Dirikan Posyandu Lansia

IMG-20160303-WA0005

PKMD-Universitas Muhammadiyah Ponorogo membuktikan kepeduliannya terhadap para orang tua lanjut usia dengan mendirikan Posyandu Lansia Wijaya Kusuma di Balai desa Kepuh Rubuh Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo pada hari Selasa(26/01) lalu.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo ini bekerjasama dengan Puskesmas Siman dan Kepala Desa setempat ini diikuti oleh 40 orang lansia warga desa Kepuh Rubuh.

Dalam kegiatan ini diselenggarakan pula kegiatan lain yaitu pengobatan gratis. Pembentukan posyandu lansia dilatarbelakangi karena di desa tersebut belum ada bentukan posyandu untuk lansia.Acara berlangsung khidmat dan lancar, antusias warga desa Kepuh Rubuh sangat luar biasa, hal ini terlihat dari peserta yang datang serta perangkat desa. Dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengobatan secara gratis oleh para medis Puskesmas Siman. Pemeriksaan meliputi tensi, menimbang berat badan, dan pemberian obat.

Kepala Desa Kepuh Rubuh mengapresiasi kegiatan ini, beliau berharap kegiatan ini berlangsung kembali pada bulan mendatang dengan tetap bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo maupun Puskesman Siman.

Posyandu Lansia merupakan salah satu program kerja PKMD di desa Kepuh Rubuh, Kecamatan Siman ini. Sulistyo Andarmoyo, S,Kep, Ns, M.Kes selaku wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo menggungkapkan harapannya untuk membentuk kerjasama dari pihak desa dengan adanya MOU pendampingan posyandu lansia Wijaya Kusuma desa Kepuh Rubuh untuk satu tahun kedepan.